Prospek Wira Usaha Kolam Pemancingan

Posted by

wirausaha kolam pemancingan
Prospek Wira Usaha Kolam Pemancingan - Membuka usaha kolam pemancingan memang selalu diminati masyarakat. Terlebih jika seorang wirausaha yang memang hobby dengan memancing. Sebenarnya tujuan memancing bukanlah hanya untuk mendapatkan ikan yang kita pancing. Akan tetapi, proses memancinglah yang memberikan kepuasaan tersendiri terhadap pemancingnya saat mendapatkan tangkapannya, suatu hal yang dapat dirasakan oleh orang yang hobby memancing. Oleh karena itu, bagi seluruh masyarakat yang memang mempunyai hobby memancing pasti memiliki ketertarikan tersendiri untuk meluapkan hobbynya tersebut.

Usaha ini cukup mudah untuk dijalankan, kita hanya perlu lahan untuk memancing dan bibit ikan yang berkualitas. Namun semua itu tidak terlepas dari lokasi lahan anda, usahakan tempat lokasi lahan usaha anda cukup strategis dan mudah dijangkau. Berikan sedikit suasana yang berbeda dari tempat pemancingan lainnya yang menjadi kompetitor anda dalam usaha ini, misalnya di tempat pemancingan anda terdapat sebuah cafe atau restoran bahkan tempat rekreasi keluarga..

Rutin untuk melakukan pengawasan terhadap usaha anda demi menjaga kelangsungan usaha anda di segala ospek seperti pelayanan, kebersihan, keindahan, kenyamanan, dan sebagainya. Jika hal ini dilakukan, maka tempat usaha anda akan selalu terjaga kualitasnya. Kemudian melakukan sebuah promosi untuk memperkenalkan usaha anda kepada masyarakat yang berada disekitar lokasi usaha pemancingan anda. Promosi bisa melalui media cetak dan melakukan event-event tertentu untuk mengundang pengunjung tertarik untuk datang ke pemancingan anda.

Beberapa aspek yang harus anda pertimbangkan dan diperhatikan jika ingin menekuni usaha pemancingan sebagai berikut :

• Untuk mengawali dan menekuni usaha ini dibutuhkan lahan yang cukup luas. Untuk itu anda bisa mencoba mencari partner untuk bekerjasama dengan orang yang memiliki lahan kosong yang cukup bagus untuk kelangsungan usaha ini.

• Mengisi kolam dengan bibit ikan atau ikan berkualitas. Biasanya yang diisikan adalah ikan mas, bawal, gurame, nila, patin dan teman-temannya. Untuk mendatangkan ikan ini anda bisa menggunakan supplier bibit ikan. Biayanya sangat variatif tergantung jenis dan besar rata-rata ikan tersebut. Perhitungkan juga biaya untuk pemeliharaan ikan seperti pembelian pelet sebagai makanan ikan. Dana untuk ini biasanya berkisar 30%-40% dari nilai jual ikan hasil pancingan.

• Karyawan yang diperlukan untuk usaha ini diantaranya seorang penjaga kolam sekaligus untuk merawat kesehatan ikan-ikan yang berada di kolam. Setelah itu barulah karyawan pendunkung yang kira-kira anda butuhkan.

• Untuk memberikan ketertarikan pengunjung agar datang anda bisa menyebarkan brosur di perumahan atau perkampungan serta di sekitar lokasi usaha pemancingan anda. Bisa juga Anda mengadakan lomba mancing setiap minggu atau sebulan sekali. Ini cukup efektif untuk mendatangkan para pengunjung yang mempunyai hobby mancing.

Usaha pemancingan sejauh ini relatif tidak terlalu banyak kendala untuk dijalankan. Namun tetap ada beberapa faktor yang harus diperhatikan benar-benar untuk kelangsungan usaha pemancingan ini. Diantaranya :

- Suplier bibit ikan atau ikan yang berkualitas.
- Memahami cuaca buruk yang berdampak pada ikan dan pengunjungnya.
- Kesulitan memenuhi kebutuhan pakan karena siklus distribusi yang sedikit kacau.
- Kompetitor yang cukup dekat dengan usaha anda.

Ya dari artikel Prospek Wira Usaha Kolam Pemancingan ini, saya berharap bisa membantu anda yang memiliki keinginan untuk membuka usaha kolam pemancingan serta memantapkan niat anda untuk menjadi seorang wirausaha.


Blog, Updated at: 1/06/2014

0 komentar:

Post a Comment