Prospek Wirausaha Mendirikan Cafe

Posted by

Jaman sekarang cafe bukanlah suatu tempat yang sulit untuk ditemukan di kota-kota besar,karena prospek wirausaha mendirikan cafe merupakan hal yang sangat bagus atau tepat untuk dijalankan karena kini setiap daerah mulai berkembang dengan populasi penduduk yang terus berkembang.  Apalagi jika terdapat tempat yang strategis, maka biasanya banyak bermunculan cafe-cafe baru yang menyuguhkan berbagai produk andalannya sebagai senjata.Ssetiap cafe juga memiliki keunggulan masing-masing, ada yang dikhususkan  untuk baca buku, nonton film, penggemar motor, penggemar seni, mahasiswa, dll.
Prospek Wirausaha Mendirikan CafeNamun dari semua cafe yang berdiri tidak semua berhasil dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Maka dari itu rangkailah strategi sedemikian rupa untuk dapat bersaing dengan cafe lain dan menjadikan cafe anda berdatangan para pelanggan betah di cafe anda sehingga tidak akan bosan berada di cafe anda.
Kewajiban yang wajib dilakukan sebagai pemilik cafe yaitu membentuk atau merangkul sebuah komunitas. Entah apa itu komunitasnya dan dimana saja, namun komunitas merupakan bagian penting dari sebuah cafe. Tanpa mereka cafe bisa langsung bangkrut atau tutup usaha.
Mulailah Merangkul Komunitas
  1. Cari dan temukan komunitas yang ada di daerah anda, yang belum disentuh. Komunitas tersebut bisa berupa komunitas besar ataupun kecil ( dilihat dari jumlah anggotanya ).
  2. Setelah menemukan komunitas tersebut, buatlah penelitian dan lakukan pendekatan untuk memperoleh informasi. berupa Suasana seperti apa yang disukai, bagaimana prilaku mereka jika berkumpul – kumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan, dll.
  3. Informasi tadi berguna bagi anda untuk menentukan suasana cafe dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan mereka.
  4. Buatlah kegiatan rutin atau event-event yang sesuai dengan keinginan mereka, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka berkumpul dan menikmati cafe anda.
Fasilitas Cafe
  1. Cafe menengah ke bawah tidak begitu memperhatikan pelayanan dan kualitas produknya. Jika sudah memiliki keunggulan tertentu, anda bisa mengalihkan anggaran dana untuk melakukan strategi promosi.
  2. Jika Anda ingin cafe yang menengah ketas anda harus benar-benar meperhatikan berbagai hal, mulai dari pelayanan, kebersihan, dll.
  3. Untuk produk yang memiliki keunikan tersendiri, harus dapat dipertahankan keunikannya. Jangan sampai keunikan tersebut hilang dan tidak dapat di andalkan kembali.
  4. Jika anda memiliki cafe yang memiliki keunikan tersendiri dan belum dimiliki cafe-cafe lainnya, maka anda harus melakukan branding ( penguatan merek atau differensiasi usaha ) kepada konsumen. Sehingga image usaha anda akan tertanam sebagai yang pertama kalinya dalam usaha ini.
  5. Usahakan sediakan hotspot Wi-Fi agar pelanggan anda dapat berselancar didunia maya dengan mudah. Namun ingat, kecepatan upload dan downloadnya jangan kecil, karena itu adalah hal yang menjengkelkan bagi sebagian pelanggan.
Ya dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa prospek wirausaha mendirikan cafe merupakan ide bisnis yang membuat kita tertarik untuk memulainya, namun dalam setiap usaha jangan mudah menyerah. Senoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 12/05/2013

0 komentar:

Post a Comment