Prospek Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Posted by

Prospek Usaha Depot Air Minum Isi Ulang
Dari berbagai peluang usaha yang beredar tercetus dalam benak saya untuk memuat artikel tentang depot air minum isi ulang, ya Prospek Usaha Depot Air Minum Isi Ulang kini semakin menjamur di setiap perumahan yang berada di sekitar kita. Mengapa demikian ? hal ini dikarenakan berubahnya kebiasaan masyarakat yang biasanya memasak sendiri air untuk minum namun sekarang membeli air siap minum dan tentunya usaha ini merupakan prospek yang bagus dengan meningkatnya populasi perumahan yang semakin banyak. Terlebih hal ini tak lepas dari sulitnya air bersih yang di dapat dan menurunnya kualitas air bersih yang di produksi PDAM, bau kimia masih tercium bila air dimasak dan rasanya cukup aneh. Setiap orang pasti membutuhkan air minum setiap harinya karena sebagian besar yang terdapat dalam tubuh kita adalah air, bagi yang mampu mungkin bisa saja membeli air minum bermerek namun bagi masyarakat kelas menengah kebawah lebih memilih air minum isi ulang karena harganya yang jauh lebih murah dibanding yang bermerek.

maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengawali usaha ini. diantaranya sebagai berikut :

Lokasi Atau Tempat Usaha
Tempat usaha ini haruslah di kawasan yang memiliki populasi penduduk padat dan jarang ditemukan usaha yang serupa disekitarnya, pilihlah lokasi yang mudah di jangkau dan di pinggiran jalan sebab mobil tangki pengisi air minum mestipasti datang saat pengisian ulang. Jika rumah kita berada di pinggiran jalan atau sering dilalui kendaraan kita bisa menyisakan suatu ruangan rumah kita untuk dijadikan tempat usaha ini.

Perlengkapan dan Fasilitas Usaha
Modal awal untuk usaha ini bisa dikatakan besar tidak dikatakan kecil juga tidak, karena hal ini dikarenakan perlengkapan usaha yang di butuhkan juga cukup lumayan harganya. Alat yang paling penting adalah alat penyulingan air minum isi ulang yang bisa anda dapatkan dari para supplier, biasanya para supplier alat ini juga akan menyediakan air minum isi ulang yang bisa anda beli per tangki yang di ambil dari mata air pegunungan. Harga untuk Paket alat penyulingan air minum isi ulang ini bervariasi, saat ini berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta itupun tergantung teknologi, jenis filtrasi, ukuran dan kapasitas.

Ketika anda memutuskan untuk membelinya, pastikan ada garansi purna jual atau perawatan dari supplieer termasuk ketersediaan stock lampu UV dan alat filtrasi lainnya yang mungkin akan anda butuhkan dikemudian hari. Anda juga membutuhkan tangki penampungan air dengan kapasitas harus 5000 liter kalau memungkinkan diatas 5000 liter lebih baik, hal ini dikarenakan isi dari satu tangki mobil air minum isi ulang adalah 5000 liter. Jika anda terpentok dengan dana, anda dapat membangun tandon air sendiri dengan kapasitas besar. Dan jangan lupakan tutup botol dan tisu sebagai pelengkap galon.

Perlengkapan yang dibutuhkan
Tangki penampungan air : Tentunya untuk menampung air yang anda beli dari supplier.
Alat penyulingan air : Untuk menyuling air yang telah anda beli dari supplier.
Galon air minum : Jumlahnya terserah anda soalnya ini sesuai dengan keinginan anda.
Sepeda motor : Guna membawa air pesanan konsumen agar lebih menghemat waktu, jika dana kurang mencukupi anda bisa dengan menggunakan troli.
Meja dan kursi : Untuk ruangan anda dan pegawai

Pegawai
Untuk usaha ini anda pasti membutuhkan sedikitnya satu orang pegawai untuk membantu menjalankan usaha ini,dimana anda bisa mengisi posisi kasir dan pengisi air jila anda menginginkan untuk menyediakan layanan pesan antar, maka pegawai tersebut yang akan melakukan pengantaran dan membantu operasional. Untuk itu anda juga bisa menyediakan kendaran sepeda motor roda dua yang telah di modifikasi

Promosi
Pada dasarnya usaha depot air minum isi ulang ini 80% menunggu pelanggan datang dengan sendirinya. Namun anda juga harus melakukan promosi untuk usaha yang anda jalani ini, misalkan sebuah spanduk atau banner besar di depan lokasi usaha wajib di buat untuk memberitahukan usaha anda. Anda juga dapat menyebarkan brosur dan kartu nama yang berisi informasi usaha anda, pastikan terdapat No Telp yang bisa dihubungi untuk pesan antar. Untuk anda yang mempunyai manajemen yang sudah baik, anda dapat meminjamkan galon air kepada konsumen. Peminjaman galon air ini akan berfungsi serta menjamin konsumen selalu mengisi air isi ulang di tempat kita namun hanya boleh dilakukan bila managemen anda sudah baik, sebab bila buruk akan banyak galon air tidak kembali atau bahkan hilang.

Harga Jual Galon
Harga jual galon air minum isi ulang sekitar Rp 3.000, Rp 3.500 hingga Rp 4,000 per galon. Dan Pastikan anda selalu bersaing secara sehat dengan kompetitor lain.

Resiko Usaha
Seorang wirausaha pasti berani untuk mengambil resiko dalam usahanya. Karena setiap usaha pasti memiliki resiko tersendiri sesuai jenis usaha yang bersangkutan. Dalam usaha ini resiko terbesar berasal dari kompetitor, adanya kompetitor baru biasanya akan menurunkan pendapatan dalam 3 bulan pertama. Setelah itu bila pelayanan anda lebih mendominasi ketimbang kompetitor lain biasanya konsumen akan kembali beralih ke anda. Resiko lain adalah berasal dari kita sendiri seperti rasa air yang tidak enak dan layanan pesan antar yang terlalu memakan waktu sehingga membuat konsumen menunggu pesanannya dengan waktu yang cukup lama.Dalah resiko rasa air minum yang tidak enak bisa disebabkan karena tabung filter yang jarang dibersihkan, penggantian filter cartridge yang tidak terjadwal maupun kualitas air baku yang kurang bagus.

Prospek Usaha Depot Air Minum Isi Ulang ini sangat bagus untuk dijalani dengan target pasar adalah perumahan yang notabene padat akan penduduk dan mereka pun pasti membutuhkan air untuk dikonsumsi. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda.


Blog, Updated at: 12/28/2013

0 komentar:

Post a Comment