Prospek Wirausaha Angkringan Nasi Kucing

Posted by

Prospek Wirausaha Angkringan Nasi Kucing
Angkringan adalah warung makan sederhana yang identik dengan suasana kota Yogyakarta dan Solo, Tapi kini di daerah jakarta dan sekitarnya usaha ini mulai menjamur di beberapa pusat kota. Karena dalam membuka usaha angkringan ini relatif mudah dan membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Disini konsumen dapat menikmati santapan yang yang khas dan sederhana dengan menyantap secara lesehan. Nuansa berkmpulnya lebih kental. Menu yang paling populer di kalangan konsumen adalah sego kucing (nasi kucing) dan muniman susu jahe merupakan minuman favorit kebanyakan konsumen.

Angkringan sendiri menjadi istimewa karena interaksi sosial yang terjadi di dalamnya. Warung yang bisa menjadi contoh sebuah sistem paling sederhana yang sebenarnya pantas menjadi model untuk hubungan sosial, meskipun tidak bisa mencakup semua aspek. Egaliter atau sederajat adalah ciri khas utama warga angkringan. Tidak peduli siapa yang datang ke angkringan. Apabila ia sudah datang ke angkringan, ia harus siap berbaur tanpa memakai gelar yang dimikinya Inilah yang membuat warga angkringan menjadi akrab. Belajar mendengar orang lain sekaligus belajar menyampaikan pendapat pun menjadi aktivitas biasa yang tak membosankan, ditemani gorengan dan hangatnya susu jahe.

Sebuah peluang usaha yang sederhana yang bisa mendatangkan keuntungan jika anda mau terjun menggeluti usaha angkringan. Salah satu kunci utama jika anda ingin membangun usaha ini adalah lokasi yang strategis dan tentunya nyaman, karena lokasi ini bisa mempengaruhi dari minat pembeli di sekitarnya. Di Jogja dan Solo, lokasi yang paling sering dipilih untuk membuka warung angkringan antara lain: tempat mangkal ojek, taksi, becak, daerah kost – kostan, sekitar kampus-kampus, ruko – ruko, dekat dengan supermarket atau mall, pinggir jalan raya yang rame dan daerah pertokoan. Lokasi – lokasi tersebut biasanya yang bisa menghadirkan pembeli lebih banyak.

Bagi anda yang ingin memulai usaha dengan memiliki modal usaha kecil – kecilan, warung makan angkringan ini bisa menjadi alternatif usaha anda. Yang harus anda lakukan terlebih dahulu sebelum memulai usaha ini adalah melakukan survey lokasi di daerah anda. Setelah itu, anda mencari partner yang tepat untuk usaha angkringan agar bisa mensuplai nasi dengan lauk oseng tempe atau sambal ikan teri, serta macam – macam gorengan dll. Jika tidak ada yang menjadi suplier, anda bisa membuatnya sendiri dengan skala kecil – kecilan. Bahkan anda bisa menjadi suplier bahan baku tersebut, untuk dipasarkan pedagang lainnya. Jika anda tidak ingin repot mengurus ini itu ekarang sudah banyak waralaba angkringan yang tersebar dibeberapa kota Indonesia. Bayangkan saja penghasilan usaha ini hingga terdapat waralabanya, sangat menggiurkan. Jika anda tertarik untuk memulainya, mulailah dari sekarang jangan sampai diambil orang lain.


Blog, Updated at: 12/27/2013

0 komentar:

Post a Comment