Biografi dan Profil Klub Schalke 04

Posted by

profil klub schalke 04
Schalke 04 berdiri pada tahun 1904 beralamat di Ernst-Kuzorra-Weg 1, 45891 Gelsenkirchen Germany. Klub ini merupakan kebanggaan penambang batu bara. Maka dari itu, Schalke 04 dijuluki Die Knappen, kata itu berasal dari kata kuno Jerman yang berarti penambang. Klub tersebut memang didirikan oleh anak muda yang bekerja sebagai penambang atau anak-anak para pekerja tambang. 

Schalke harus menunggu selama delapan tahun untuk bisa berlaga di liga Jerman Barat tepatnya pada 1912. Mereka bisa menjadi anggota liga setelah dilakukan merger organisasi olahraga. Schalke 04 kembali menunggu bertahun-tahun untuk meraih titel juara. Impian itu akhirnya terwujud setelah mereka memenangi liga Jerman Barat pada 1929. 

Namun, setahun kemudian mereka mendapat sanksi karena memberikan gaji yang melebihi ketentuan yang ditetapkan liga. Schalke dilarang bertanding selama enam bulan. Hukuman itu tak mengurangi popularitas klub. Saat kembali untuk pertama kalinya setelah menjalani sanksi, pertandingan Schalke disaksikan oleh 70.000 penonton. 
 
Sejak itu, Schalke menunjukkan dominasinya di liga. Mereka beberapa kali menyabet titel liga pada 1933-1942. Sebelum Perang Dunia II, Schalke sudah memenangi enam gelar. Hanya, prestasi mereka tak lagi membanggakan setelah Perang Dunia II. Mereka hanya sekali memenangi liga pada 1958. Selanjutnya, Schalke tak pernah menjadi juara meski kompetisi sudah berganti menjadi Bundesliga Jerman. 

Meski jarang menuai prestasi tinggi, tapi popularitas Schalke tak pernah merosot. Bahkan mereka termasuk salah satu klub sepakbola paling populer di Jerman. Schalke yang memiliki rivalitas dengan Borussia Dortmund . Dortmund merupakan klub olahraga yang memiliki lebih dari 84 ribu anggota. Ini menjadikan Schalke sebagai klub olahraga terbesar kedua di Jerman.


Blog, Updated at: 12/13/2013

0 komentar:

Post a Comment