5 Karakter Seorang Wirausaha

Posted by

karakter seorang wirausaha
Seorang wirausaha harus mampu melihat kedepan dan berpandangan positif pada setiap hal yang dia lakukan. Berfikir dengan instingnya untuk mencari pemecahan dan ide-ide brilian yang didapatkan. Saat ini peluang untuk menjadi seorang wirausaha untuk kawula muda sangat banyak, semua pilihan ada tinggal bagaimana kitanya untuk mengambil sebuah pilihan dan melahirkan ide yang brilian.

Namun calon wirausaha harus memiliki beberapa karakter yang wajib dimiliki oleh seorang wirausaha sejati.


1.Percaya Diri
Orang yang percaya pada dirinya adalah orang yang sudah matang jasmani dan rohaninya. Pribadi semacam ini adalah pribadi yang independen dan sudah mencapai tingkat maturity. karakteristik kematangan seseorang adalah ia yang tidak tergantung pada orang lain, dia yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi, obyektif, dan kritis. Emosionalnya boleh dikatakan sudah stabil, tidak gampang tersinggung dan naik pitam. Juga tingkat sosialnya tinggi, mau menolong orang lain, dan yang paling tinggi adalah kedekatannya dengan sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Diharapkan wirausahawan seperti ini betul-betul dapat menjalankan usahanya secara mandiri, jujur, dan disenangi oleh semua relasinya.

2. Berorientasi Pada Tugas dan Hasil

Orang ini tidak mengutamakan prestise dulu, prestasi kemudian. Akan tetapi, ia gandrung pada prestasi baru kemudian setelah berhasil prestisenya akan naik. Anak muda yang hanya memikirkan prestisenya lebih dlu dan prestasi kemudian, tidak akan mengalami kemajuan. berbagai motivasi akan muncul dalam bisnis jika kita berusaha menyingkirkan prestise. kita akan mampu bekerja keras, enerjik, tanpa malu dilihat tean, asal yang kita kerjakan itu adalah pekerjaan halal.

3. Berani Mengambil Resiko

banyak anak muda yang senang mencari resiko atau hal yang menantang, seperti olah raga panjat tebing, balap liar, kebut-kebutan, dll. Ciri-ciri dan watak seperti ini harusnya dibawa kedalam wirausaha yang juga penuh dengan resiko dan tanangan, seperti persaingan, harga turun naik, barang tidak laku, dan sebagainya. Namun semua tantangan ini harus dihadapai dengan penuh perhitungan. Jika perhitungan sudah matang, membuat pertimbangan dari segala macam segi, maka berjalanlah terus dengan tidak lupa berlindung kepada-NYA.

4. Kepemimpinan

Sifat kepemimpinan memang ada dalam setiap diri individu. Namun sekarang ini, sifat kepemimpinan sudah banyak dipelajari dan dilatih. Ini tergantung pada masing-masing individu dalam menyesuaikan diri dengan organisasi atau orang yang dia pimpin.
Ada pemimpin yang disenangi bawahan, mudah memimpin sekelompok orang, ia diikuti, dipercaya oleh bawahannya. Namun adapula pemimpin yang tidak disenangi bawahan, atau ia tidak disenangi bawahan, ia curiga kepada bawahannya, ia mau mengawasi bawahannya tetapi ia tidak ada waktu untuk itu. Menanam kecurigaan kepada orang lain, pada suatu ketika kelak akan berakibat tidak baik pada usaha yang dijalankan. Pemimpin yang baik harus mau menerima kritik dari bawahan, ia harus bersifat rensonsif.

5. Berorientasi ke Masa Depan
seorang wirausaha haruslah perspektif mempunyai visi kedepan, apa yang hendak ia lakukan, apa yang ingin ia capai ? sebab sebuah usaha bukan didirikan untuk sementara, tetapi untuk selamanya. oleh karena itu, faktor kontinuitasnya harus dijaga dan pandangan harus ditujukan ke depan.

Itulah sifat atau karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang handal dan mamppu bersaing secara sehat dengan kompetitor lain. Semoga bermanfaat artikel ini dan menambah wawasan anda.


Blog, Updated at: 12/18/2013

2 komentar:

  1. Sngat bermanfaat sekali gan trimakasih smoga menjadi amal ibadah yg baik..

    ReplyDelete