PROFIL BLACKBURN ROVERS FC

Posted by




Nama lengkap: Blackburn Rovers Football Club
Julukan: The Rovers, Blue and Whites
Berdiri: 1875
Stadion: Ewood Park (31.367)
Owner: Venky’s London Ltd
Manajer: Steve Kean
Kapten: Ryan Nelsen
Posisi 2010-2011: 15
Website: www.rovers.co.uk
Prestasi: 3 Premier League, 6 FA Cup, 1 League Cup, 1 Full Members Cup, 1 Community Shield, 17 Lancashire Senior Cup







Musim lalu, Blackburn Rovers nyaris terdegradasi ke Divisi Championship. Beruntung, dalam laga penentuan melawan Wolverhampton mereka berhasil menang dan tetap aman di kompetisi kasta teratas Inggris.
Kejadian itu tentu tak ingin diulangi segenap punggawa The Rovers.  Sebagai salah satu tim yang cukup eksis di Premier League, Blackburn tentunya ingin berada di posisi 10 besar di musim ini.
Namun sepertinya itu pekerjaan yang cukup sulit. Disaat klub butuh pemain berkualitas, mereka malah menjual salah satu pemain terbaiknya, Phil Jones, ke Manchester United. Padahal Jones adalah salah satu aktor dari apiknya barisan belakang Blackburn musim lalu.
Catatan para defender Blackburn musim lalu memang lumayan apik. Kemampuan Christopher Samba dkk dalam menghadang set pieces lawan musim lalu patut menjadi poin tersendiri. Mereka hanya kebobolan delapan gol dari situasi tersebut.
Dari nama-nama yang berposisi sebagai bek, Samba memang patut menjadi andalan. Musim lalu, ia adalah top scorer kedua Blackburn di bawah striker Jason Roberts dan Nikola Kalinic. Postur tubuh yang tinggi besar membuat Samba bisa diandalkan saat tim memperoleh peluang melalui bola mati.
Lain lini belakang, lain pula lini depan. Barisan striker Blackburn tampil cukup mengecewakan musim lalu. Dari total 46 gol yang dicetak, para striker hanya menyumbang 13 gol.
Kejadian ini tak seharusnya terjadi mengingat anak asuh Steve Kean memiliki barisan gelandang yang cukup apik. Morten Gamst Pedersen, Brett Emerton, dan David Dunn diantaranya. Belum lagi pemain baru macam Radosav Petrovic.
Jika Kean tak mampu memperbaiki performa para strikernya, bukan tak mungkin musim ini klub yang bermarkas di Ewood Park itu akan kembali berjuang untuk lolos dari zona degradasi. Sebuah hal yang bertolak belakang jika mengingat pada musim 1994-1995 Blackburn adalah juara Premier League.



Skuad 2011-2012 :


Goalkeepers: Paul Robinson, Mark Bunn
Defenders: Michel Salgado, Martin Olsson, Christopher Samba, Gael Givet, Ryan Nelsen, Grant Hanley, Myles Anderson, Adam Henley
Midfielders: Brett Emerton, David Dunn, Mauro Formica, Vincenzo Grella, Steven N’Zonzi, Josh Morris, Jason Lowe, Zac Aley, Radosav Petrovic
Forwards: Ruben Rochina, Nick Blackman, David Hoilett, David Goodwillie, Jason Roberts


Blog, Updated at: 12/23/2011

0 komentar:

Post a Comment