MENJADI SOSOK ORANGTUA YANG BAIK

Posted by

Orangtua mana yg tak ingin menjadi idola bagi anak-anaknya? Di pandang sebagai sosok yang melindungi, menasihati, kawan, dan sekaligus menjadi panutan. Ada banyak hal yg dapat dilakukan untuk menjadi sosok tersebut, diantaranya.
Meluangkan waktu bersama di tengah kesibukan sehari-hari adalah awal yg baik untuk membangun kedekatan dengan anak. Mereka akan merasakan kehangatan serta rasa saying yang penuh.
Menjaga komunikasi yg baik menjadi hal lain untuk menciptakan kedekatan dengan anak. Usahakan bukan hanya orangtua saja yang bicara, akan tetapi beri waktu anak untuk mengutarakan pendapatnya.
Mendisiplinkan anak dengan kasih. Jangan menggunakan kekerasan untuk menghukum anak, terlebih jika anak sudah beranjak dewasa karena dapat menimbulkan dendam di hati anak.
Berilah pengertian tentang kesalahan mereka, dan nasihati dengan sabar, secara baik-baik karena Anda merupakan panutan dan sandaran mereka.
Dan ingat tugas orangtua tidak pernah usai. Ketika anak anda telah dewasa dan siap meninggalkan rumah mereka masih sangat membutuhkan bimbingan orangtua.
Di atas adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orangtua yg bisa menjadi panutan mereka ..


Blog, Updated at: 8/22/2010

2 komentar: