Pemula bisnis modal kecil.....

Posted by

Jika anda bingung ingin membuka suatu usaha yang cocok dengan modal yang relatif kecil saya mempunyai beberapa solusi usaha bermodal kecil,
Memang banyak segmen usaha yang bermodal kecil,tapi mungkin anda berpikir apakah bisnis akan berhasil ?
Itu pertanyaan yang sering muncul di benak para pemula bisnis dalam memulai karier sebagai seorang wirausaha.
Pada kesempatan ini saya mempunyai ide untuk anda para pemula yang bermodal kecil dengan membuka bengkel servis mesin motor.
Memang prospek usaha di bidang bengkel motor yang meliputi jasa servis maupun modifikasi boleh dikatakan dalam kondisi yang baik.Hal ini dapat di lihat dari banyaknya bermunculan para pebisnis baru dan meingkatnya populasi pengguna sepeda motor dari tahun ke tahun bahkan dari hari ke hari.
Bagi para pebisnis pemula di bidang bengkel baiknya membuka bengkel sedepa motor di bidang jasa servis yang melayani semua jenis motordan merek,dar motor bebek,kopling hingga matik.Sedangkan bengkel modifikasi segmen pasarnya lebih khusus,sbiasanya anggota komunitas dan anda harus membuat contoh yang bagus dan menarik orang untuk datang ke bengkel anda.
Persoalan persaingan di dunia bengkel memang bnyak pelakunya yang menjalankan usaha servis maupun modifikasi.walaupun begitu anda tidak boleh putus asa dalam meraih keberhasila. Karena adanya peningkatan populasi pengguna sepeda motor yang semakin banyak.Dlam mengatasi persaingan ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan cara pelayanan terhadap konsumen,dengan cara mengandalkna keahlian sang mekanik dan SDM yang kita miliki.Menurut saya,hingga saat ini persaingan yang paling ketat ada di tingkat bengkel servis motor.usulan saya sebaiknya para pemilik bengkel harus meningkatkan pelayanan yang baik dari segi servis dan on time dalam menservis di hari-hari besar.Seperti saat lebaran,karena banyak pemudik yang menservis kendaraanya sebelum melakukan perjalanan pulang kampung.Tidak di pungkiri bahwa banyak pera pemudik saat lebaran mengunakan kendaraan bermotor eperti halnya saat lebaran tahun ini 2009.
Dalam melakukan bisinis bengkel perlu diperhatikan tentang pemasaran dan lokasi bengkel.Dalam hal pemasaran untuk anda para pemula sebaiknya gencar melakukan promosi,bisa menggunakan media masa dan cetak,promosi mengadakan jasa servis tune up 5 kali gratis 1 buah jam dinding berlogo bengkel anda.Lalu baiknya anda menjalin komunikasi dengan para konsumen dan menjaga kebersihan,kerapian bengkel serta kepercayaaan konsumen.
Selanjutnya hal yang paling penting dalam menjalani usaha ini adalah lokasi bengkel. Anda harus teliti dalam memilih lokasi bengkel.Karena lokasi bengkel yang baik adalah di jalan-jalan utama yang ramai di lalui para pengendara bermotor dan bukan di gang-gang yang sulit untuk di jumpai oleh pengendara bermotor.
Ada tiga poin yang harus diperhatikan dalam memikat konsumen.
1.Selalu bersikap transparan dalam hal melakukan servis kepada konsumen.
2.Berikan spare part asli dengan mutu terjamin.
3.Sebelum melakukan perbaikan atau servis sebaiknya meminta persetujuan konsumen terlebih dahulu jangan langsung melakukan perbaikan tanpa persetujuan pemilik,hal ini dapat membuat konsumen kecewa terhadap pelayanan bengkel anda
Dalam melakukan suatu usaha pasti ada kendalanya,dan kendala terberat dalam usaha ini ialah dalam perekrutan mekanik.Sebaiknya anda memiliki mekanik yang profesional di bidangnya,karena ini dapat mempengaruhi jumlah dan tingkat kepercayaan para konsumen anda.
Ya dari artikel ini saya pribadi berharap bisa membantu anda untuk memulai suatu usaha yang memang anda mungkin tertarik dengan usaha tersebut.
Dan pastinya semoga bermanfaat untuk anda.
Ada artikel yang berhubungan dengan usaha ini di syarat mitra bengkel motor.
Sampai jumpa di arikel-artikel salnjutnya yang semoga bermanfaat dan membuat anda termotivasi untuk menjalani suatu usaha..


Blog, Updated at: 10/29/2009

1 komentar:

  1. Sangat menginspirasi gan. Jadi pengen buka bengkel nih.
    Regard, Modifikasi Motor.

    ReplyDelete